1. Fi’il Tsulatsi Mujarrod

Dari sekema atau table diatas dapat kita ketahui bahwa fi’il dilihat dari segi jumlah hurufnya terbagi menjadi beberapa klasifikasi, yaitu, Tsulasi Mujarrod, Tsulatsi Mazid, Ruba’i Mujarrod, Mulhaq bir Ruba’i, Ruba’i Mazid, Mulhaq bi Tadakhroja, Mulhaq bi Ihronjama. Kemudian untuk mengawali pembelajaran shorof ini, akan di bahas tentang fi’il Tsulatsi Mujarrod dan pembagian bab-nya.
Fi’il Tsulatsi Mujarrod adalah fi’il yang terdiri dari hanya tiga huruf asli. Terbagi menjadi enam bab, yaitu ;
  1. Bab I. Fa’ala Yaf’ulu (فَعَلَ يَفْعُلُ). Bab pertama ini biasanya berlaku “muta’addi” seperti نصر زيد عمرا. Tapi terkadang juga berlaku “lazim” seperti خرج زيد. Muta’addi adalah fi’il yang butuh maf’ul, sedangkan lazim adalah fi’il yang tidak butuh maf’ul.
  2. Bab II. Fa’ala Yaf’ilu (فَعَلَ يَفْعِلُ). Bab yang kedua ini sama dengan bab yang pertama yaitu biasanya berlaku “muta’addi” seperti ضرب زيد عمرا. Dan terkadang juga berlaku “lazim” seperti جلس زيد.
  3. Bab III. Fa’ala Yaf’alu (فَعَلَ يَفْعَلُ). Bab yang ketiga ini juga sama dengan bab yang pertama yaitu biasanya berlaku “muta’addi” seperti فتح زيد الباب. Dan terkadang berlaku “lazim” seperti ذهب زيد. Bedanya pada bab ketiga ini, ain fi’il atau lam fi’il-nya harus berupa huruf Halaq, yaitu حاء, خاء, عين, غين, همزة, هاء
  4. Bab IV. Fa’ila Yaf’alu (فَعِلَ يَفْعَلُ). Bab yang keempat ini sama dengan bab-bab sebelumnya, yaitu biasanya berlaku “muta’addi” seperti علم زيد المسئلة. Dan terkadang juga berlaku “lazim” seperti وجل زيد.
  5. Bab V. Fa’ula Yaf’ulu (فَعُلَ يَفْعُلُ). Bab yang kelima ini berbeda dengan bab-bab sebelumnya, karena ia hanya berlaku lazim saja seperti, حسن زيد
  6. Bab VI. Fa’ila Yaf’ilu (فَعِلَ يَفْعِلُ). Bab yang terakhir, yaitu bab yang keenam biasanya berlaku “muta’addi” seperti حسب زيد عمرا فاضلا. Tapi terkadang juga berlaku “lazim” seperti ورث زيد.  Waallohu A’lam

Komentar

  1. Terangkan ciri-ciri wazan Tsulatsi tersebut di atas ketika seorang siswa akan memestikan suatu kalimat mengikuti salah satu wazan yang enam tersebut ? Kalau ciri-cirinya bisa terjawab, pasti belajar shorrof mudah difahami dan dipraktekkan ! Syukron, akhi !

    BalasHapus
  2. Terangkan ciri-ciri wazan Tsulatsi tersebut di atas ketika seorang siswa akan memestikan suatu kalimat mengikuti salah satu wazan yang enam tersebut ? Kalau ciri-cirinya bisa terjawab, pasti belajar shorrof mudah difahami dan dipraktekkan ! Syukron, akhi !

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembagian Bab-bab Dalam Tashrif

2. Fi’il Tsulatsi Mazid

Pengertian Shorof dan Tashrif